Sebagai orang kimia, tentunya sobat kimia lebih sering menghabiskan waktu di laboratorium. Laboratorium atau lab merupakan tempat yang digunakan untukriset ilmiah, eksperimen, pengukuran atau pelatihan ilmiah. Laboratorium tidak harus berupa gedung namun juga dapat berupa kebun atau lapangan. Laboratorium ilmiah biasanya digunakan berdasarkan disiplin ilmunya misalnya fisika, kimia, komputer dan lainnya.  

Laboratorium kimia sendiri pada umumnya digunakan untuk pengujian/analisis atau praktikum di bidang pendidikan dan dikategorikan sebagai lab basah (wet lab). 

Bagian laboratorium kimia di antaranya terdiri dari :

Ruang pengujian/analisis/praktikum/penelitian

Ruangan ini biasanya memiliki ukuran paling besar di laboratorium yang dilengkapi dengan meja kerja dan wastafel. Suhu, cahaya dan kelembaban udara ruangan pengujian harus diperhatikan.
Ruang pengujan/analisis/praktikum/penelitian
 

Ruang Asam

Ruang asam merupakan ruang khusus bahan kimia dengan konsentrasi tinggi misalnya asam atau basa pekat. Dilengkapi dengan lemari asam dan blower/exhaust fan, ruangan ini wajib tersedia di laboratorium.

Ruang Timbang

Ruang timbang, ruang khusus menimbang dengan persyaratan khusus diantaranya meja tempat meletakan neraca harus tahan terhadap getaran. Ruangan ini berisi neraca khususnya neraca analitik dengan kapasitas orang terbatas.

Ruang alat

Ruang alat menjadi salah satu ruangan terpenting untuk menyimpan peralatan gelas dan non gelas agar lebih mudah diinventarisasi. Ruangan alat terdiri dari lemari-lemari yang kuat menahan alat yang disimpan di dalamnya.

Ruang bahan

Bahan kimia harus disimpan di ruangan khusus. Setiap bahan kimia disimpan berdasarkan klasifikasinya. 
Lemari bahan

Ruang Instrumen

Ruangan instrumen merupakan ruangan pengujian/analisis/penelitian yang menggunakan instrumen seperti spektrofotometer, High Performance Liquid Chromatograhpy (HPLC), Gas Chromatography dan lainnya.  

Ruang staf/analis/laboran

Ruangan khusus tempat staf/analis/laboran yang terletak di dalam area laboratorium maupun di luar area laboratorium.

Ruang penerimaan sampel (khusus laboratorium pengujian)

Ruangan ini berfungsi untuk menerima sampel pengujian dari pelanggan. Ruangan ini terpisah dari laboratorium

Laboratorium kimia menyimpan potensi bahaya yang ditimbulkan dari bahan kimia dan lainnya sehingga memerlukan desain fisik yang mempertimbangkan aspek keselamatan kerja, efektivitas dan efisiensi kerja.