Seperti halnya semua orang, tentunya sobat kimia berkeinginan menekuni profesi selepas sekolah atau kuliah. Profesi lulusan kimia apa saja yang dapat ditekuni selepas sekolah/kuliah?

Guru Kimia di SMP/SMA/SMK/MAK/MA

guru SMK bina putera nusantara



Guru merupakan profesi yang mulia. Salah satu tugasnya adalah mendidik, mengajar dan melatih. Dengan adanya mata pelajaran (mapel) kimia di SMP/SMA/SMK/MAK/MA tentunya memerlukan lulusan yang kompeten di bidang kimia. 

Bila di SMP/SMA, guru hanya mengajar khusus mata pelajaran kimia saja, lain halnya dengan SMK, mata pelajaran akan lebih spesifik (mata pelajaran adaptif atau kimia murni dan mata pelajaran produktif). 

Sebagai contoh, untuk jurusan Kimia Analisis, mata pelajaran produktif akan terbagi menjadi Analisis Titrimetri dan Gravimetri, Analisis Bahan Organik dan lain-lain.

Syarat utama untuk menjadi seorang guru adalah lulusan DIV/S1 dengan jurusan yang linier dengan mata pelajaran yang akan diampu (diajarkan).

Mata pelajaran apa saja yang dipelajari di tingkat SMK/MAK?

Sobat kimia dapat unduh Kurikulum/Spektrum SMK dan Lampiran Spektrum SMK

Dosen/Widyaiswara

Dosen dan Widyaiswara mempunyai tugas untuk mendidik, mengajar dan melatih. Dosen tentunya akan memberikan mata kuliah yang berkaitan dengan kimia di Perguruan Tinggi. Mata kuliah yang berhubungan dengan kimia ada di berbagai fakultas dan kejuruan.

Widyaiswara adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas melatih Aparatur Sipil Negara (ASN) di lembaga diklat pemerintah misalnya ASN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang mengajar calon guru dan guru.

Syarat utama untuk menjadi seorang dosen/widyaiswara adalah lulusan S2 dengan disiplin ilmu yang linier dengan jurusan S1 sebelumnya dan jurusan yang diampuny
a.

widyaiswara kimia

Peneliti

Salah satu profesi lulusan kimia adalah peneliti. Peneliti pada umumnya bekerja di lembaga riset dan penelitian.

peneliti
Balai Riset dan Standardisasi Industri Banda Aceh


Analis Laboratorium Kesehatan

Profesi ini berhubungan erat dengan pemeriksaan darah dan lainnya untuk membantu dokter mendiagnosa penyakit yang diderita pasien.

analis laboratorium kesehatan
Analis Laboratorium Kesehatan

Analis Laboratorium Lingkungan

Analis laboratorium lingkungan bertugas melaksanakan pengujian untuk menunjang data kualitas lingkungan.

Dinas Lingkungan Hidup, Cirebon

Pekerja di Industri

Sebagian besar lulusan kimia baik SMK/Diploma 3/ Perguruan Tinggi bekerja di industri di berbagai posisi, dari mulai sebagai staf atau bagian produksi.
industri kimia

Pengusaha

Jebolan kimia bisa jadi pengusaha juga looh. Salah satunya bidang tambang.
tambang-internusa-sundaland